Bermain merupakan salah satu kebutuhan bagi para anak-anak. Bahkan remaja sekarang ini juga terkadang memerlukan permainan tradisional untuk menyegarkan pikirannya. Dan ternyata setelah ditelisik lebih dalam, berbagai jenis permainan tersebut memiliki banyak manfaat yang baik bagi pikiran para pemainnya. Penasaran dengan alasan di balik kalimat yang barusan? Oleh karena itu simak artikel ini hingga selesai.

Manfaat bermain dengan alat tradisional

Alat mainan tradisional tidak hanya bermanfaat untuk mencari kesenangan. Bagi anak-anak terutama balita, bermain jenis permainan tempo dulu membawa manfaat sepertu di bawah ini

1. Sarana belajar menghitung

Ada mainan tradisional bisa digunakan sebagai sarana menghitung angka. Contoh dari permainan ini adalah congklak. Permainan ini merupakan jenis permainan memindahkan biji congklak dari satu lubang ke lubang lain.

Pada permainan ini, selain anak belajar menghitung biji congklak, mereka juga aan belajar menyusun strategi memenangi permainan agar bisa mengumpulkan biji congklak sebanyak mungkin.

2. Sarana melatih fisik

Ada banyak sekali contoh permainan yang memiliki manfaat memperkuat fisik anak-anak. Salah satunya adalah lompat tali. Banyak variasi dari permainan lompat tali ini di berbagai daerah.

Biasanya mereka bermain dalam berbagai level yang diberi nama berbeda. Lompat tali selain bisa digunakan untuk memperkuat fisik, juga bisa digunakan sebagai sarana melatih komunikasi serta kekompakan kelompok bermain.

3. Sarana mempertajam intuisi

Selain melatih fisik, ada juga berbagai permainan tempo dulu yang bermanfaat bagi intuisi anak-anak. Salah satunya adalah permainan petak umpet. Pada permaiann ini, ada anak yang jaga dan yang lainnya akan bersembunyi. Anak yang jaga ini nantinya harus jeli dan menemukan kesemua temannya. Permainan ini dapat melatih ketajaman intuisi anak agar mudah menemukan barang yang hilang suatu waktu nanti.

Berbagai permainan seperti yang kami sebutkan di atas merupakan permainan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Untuk dapat mendukung kegiatan bermain anak, anda juga harus memiliki lingkungan rumah yang bersih dan aman.

Ikuti undian berhadiah dari Smatfren agar anda bsia mendapatkan 1 unit rumah dengan desain modern secara gratis. Undian dari Smartfren ini akan diundi setiap bulan. Cara ikut undian Smartfren WOW pun cukup mudah.

Anda tinggal menginstall aplikasi MySmartfren. Berli berbagai paket seperti paket SMS, telpon, dan internet agar nantinya anda dapat banyak poin. Poin-poin inilah yang dapat ditukarkan dengan kupon undian. Dan itu artinya, semakin banyak poin yang anda dapatkan semakin besar pula kesempatan anda untuk menang.