Karena intensitas cahaya matahari tidak sepanjang hari menyinari bumi, maka ada baiknya untuk melakukan pemilihan peralatan rumah tangga. Pemilihan ini berfungsi sebagai cara untuk memaksimalkan penggunaan listrik surya agar dapat digunakan dengan optimal.

Tips Memilih Peralatan Rumah Tangga yang Menggunakan Listrik Panel Surya

  1. Cek Konsumsi Daya
    Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih peralatan rumah tangga yang nantinya akan memanfaatkan listrik adalah dengan mengecek berapa besar konsumsi daya yang akan digunakan. Catat masing-masing besar daya pada setiap peralatan yang akan Anda gunakan.
  2. Berapa Unit yang Dibutuhkan
    Setelah menghitung berapa konsumsi daya masing-masing peralatan, Anda dapat menentukan berapa unit panel surya yang dibutuhkan untuk digunakan dalam rutinitas keseharian Anda. Untuk menghemat biaya pembelian panel surya, langkah bijak yang bisa Anda ambil adalah dengan memilih dan memilah peralatan yang akan digunakan.
  3. Buat Jadwal Waktu
    Setelah menghitung besaran konsumsi daya peralatan tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan simulasi lamanya peralatan tersebut menguras daya listrik. Anda dapat membuat jadwal waktu untuk mencatat lamanya waktu penggunaan masing-masing peralatan.
  4. Hitung Semuanya
    Dengan adanya aturan baru dari pemerintah mengenai penggunaan listrik dari panel surya di atap rumah tangga, maka Anda perlu melakukan perhitungan matang. Maksimal kapasitas yang boleh dipasang adalah 90% dari pasokan listrik yang didapat dari PLN di rumah Anda.

Lakukan pengkalian dari konsumsi daya setiap peralatan listrik dengan jumlah unit yang diperlukan, serta dikalikan juga dengan lamanya waktu penggunaan. Hasil dari perhitungan tersebut dijumlah juga dengan peralatan lainnya yang menghabiskan daya.
Kapasitas sistem yang dibutuhkan akan semakin besar jika kebutuhan penggunaan listrik surya juga semakin besar.

Sewatama membantu Anda dalam memperoleh panel surya berkualitas untuk mendapatkan pasokan listrik yang lebih hemat selain sebagai tempat rental genset berkualitas. Panel surya yang berkualitas tinggi akan membantu Anda agar lebih lama mendapatkan energi listrik.

Mengingat banyaknya peralatan berbanding lurus dengan banyaknya panel surya yang dibutuhkan, maka tepat bagi Anda untuk sebijak mungkin menggunakan peralatan tersebut, mana yang menggunakan listrik surya dan mana yang menggunakan listrik PLN.