Bullying tidak hanya terjadi di dunia nyata. Di dunia maya pun kerap terjadi fenomena ini. Ini yang kemudian membuat cyber bullying adalah sebuah fenomena yang perlu diwaspadai oleh siapapun.

Biar lebih mengenalnya, yuk simak pengertian dan penjelasan berikut ini.

Definisi Cyberbullying

Cyberbullying adalah pem-bully-an yang terjadi melalui perangkat elektronik seperti handphone, komputer dan tablet. Pembullyan digital ini bisa terjadi melalui SMS, Whatsapp, social media, forum, atau platform apapun dimana orang-orang bisa berpartisipasi maupun berbagi konten. Dengan begitu bully ini juga bisa terjadi di facebook, Instagram, blog, Youtube, TikTok, dan platform online lainnya.

Cyber bulyying ini bentuknya bisa berupa mengirim konten, memposting, berkomentar negatif dan merusak harkat dan martabat seseorang. Termasuk juga membagikan informasi pribadi atau privasi yang bisa menimbulkan rasa malu atau rasa terhina. Oleh karena itu perilaku bully lewat media internet ini di beberapa negara juga bisa termasuk sebagai pelanggaran hukum.

Platform Online Tempat Bully Sering Terjadi

Bisa dikatakan semua platform online dimana penggunanya bisa berbagai maupun sharing konten bisa menjadi tempat terjadinya bully online. Walaupun pemilik dan pengelolan platform tentu tidak akan membiarkan itu terjadi, tapi tetap saja perilaku bully ini bisa terjadi karena hal ini terkait dengan sifat maupun pemahaman orang yang suka membully.

Tentu kalau ditelusuri lebih jauh sifat suka membully itu bisa terkait dengan banyak hal. Namun kita tak akan membahas hal itu saat ini.

Dari penelusuran Teknowire, cyberbully itu sering terjadi misalnya melalui:

Social Media

Baik Facebook, Instagram, TIk Tok, Snapchat mauun social media lainnya merupakan tempat yang paling potensial menjadi tempatnya terjadinya cyber bully. Mengapa bisa begitu?

Wajar saja sebab social media itu merupakan tempat bertemunya orang-orang secara online. Melalui komunikasi yang terjadi itu bisa terjadi pembully-an terhadap seseorang atau sekeolompok orang.

Aplikasi Pesan (WA, dll)

Seperti misalnya Whatsapp, Messenger, Michat dan aplikasi pesan lainnya menjadi tempat yang berpotensi juga menjadi tempat terjadinya bully.

Melalui aplikasi seperti WA dan lainnya itu, tiap ornag bisa mudah untuk berkomunikasi dengan yang lainnya secara personal. Nah di situlah kemudian terjadi pembullyan baik melalui komentar, gambar maupun video.

Online Chatting

Situs online chatting juga berpotensi sebagai tempat berkembang-suburnya bully. Polanya pun sama yakni dengan melecehkan atau menghina seseorang melalui tulisan, gambar maupun video.

Forum Online

Seperti Kaskus, Reddit, dan forum lainnya juga menjadi tempat yang berpotensi sebagai tempat terjadinya online bulyying. Di forum ini biasanya ada thread yang membahas sebuah tema. Kemudian banyak orang akan berkomentar. Nah saat beromentar itulah biasanya potensi terjadi cyber bully bisa terjadi.

Email

Bisa juga terjadi bully melalui email baik Gmail, Yahoo Mail maupun penyedia email provider lainnya. Namun relatif lebih kecil potensi terjadinya bully melalui email. Sebab sifat komunikasi email relatif tidak sevulgar seperti media atau platform online lainnya.

Komunitas Game Online

Ini juga platform yang cukup besar potensinya terjadi cyber bully. Sebab umumnya gamer memiliki sifat relatif terbuka dan mereka cenderug ceplas-ceplos dalam menyikapi sebuah kasus.

Nah itulah penjelasan mengenai bully secara digital ini. Untuk mencegah hal ini pengendalian diri user merupakan hal yang utama. Barulah kemudian yang kedua adalah pemilik platform perlu memiliki aturan yang tegas sehingga perilaku bully secara online itu tidak sampai terjadi.

Nah sampai di sini sudah jelas kan apa itu maksud cyber bully? Semoga bermanfaat.