Mau melakukan detox tubuh? Sebelumnya kamu perlu tahu dulu apa itu yang dimaksud dengan detox.

Detox pada tubuh adalah upaya untuk bisa membuat tubuh menjadi bersih dari racun maun berbahaya yang berpotensi bisa menyebabkan ganggung pada sistem pencernaan. Dari mana zat berbahaya itu beraasl? Mungkin bisa dari mikroba, zat sisa metabolisme, debu, polusi, atau makanan dan minuman.

Nah sekarang mengerti kan apa maksud dari detox itu? Kali ini Teknowire mau berbagi mengenai cara melakukan detox yang bagus untuk tubuh.

1. Mulai Pagi dengan Mood Positif

Umumnya teknik detox akan langsung meminta Anda untuk mengkonsumsi air lemon. Tapi yang lebih fundamental sesungguhnya adalah dengan menjaga perasaan dan pikiran tetap dalam kondisi positif. Ini yang jauh lebih penting karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik.

Oleh karena itu sebisa mungkin setiap pagi mulai dengan suasana yang positif. Mulai dengan bersyukur dan menenangkan diri. Bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk bisa berkarya pada hari ini. Setelah itu mulai dengan menarik nafas dalam-dalam untuk bisa memperoleh oksigen yang segar. Setelah itu, ikrarkan untuk berusaha terus menjaga mood positif ini sepanjang hari.

2. Mulai Olahraga

Mulai untuk membiasakan berolahraga setiap hari. Olahraga itu menyehatkan tubuh sekaligus bisa mengeluarkan racun yang bersarang dalam tubuh.

Lakukan olahraga yang Anda sukai. Jika lari pagi jadi pilihan, itu pilihan yang baik. Jika suka bersepeda itu juga bagus. Pendek kata, pilih saja pilihan olahraga yang Anda suka.

3. Air Lemon

Nah, barulah pada langkah ketiga ini Anda konsumsi lemon. Lemon mengandung vitamin C yang bagus bagi tubuh kita. Vitamin C mampu meningkatkan kadar glutathione. Nah hal itu bisa membersihkan hati agar kembali bersih.

4. Perbanyak makan buah dan sayur

Mulai sekarang biasakan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Makanan ini sangat baik untuk tubuh dan bisa membantu proses detoktifikasi.

Beberapa sayuran yang bagus untuk tubuh kita seperti bayam, kubis, brokoli dan lainnya. Sementara untuk buah-buahan yang berguna dalam proses detoktifikasi seperti pepaya, apel pir, melon, hingga jeruk.

Sayur dan buah merupakan bagian penting agar proses detox ini berhasil. Sebab makanan tersbeut banyak mengandung antioksidan yang berguna untuk tubuh.

5. Minum air putih

Ini wajib. Air putih merupakan minuman utama kita. Oleh akrena itu setidaknya kita perlu mengisi tubuh kita dnegan minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Semakin banyak air minum yang kita konsumsi juga akan semakin baik untuk tubuh kita.

6. Tidur yang cukup

barengi dengan beristirahat yang cukup. Saat proses detox tubuh itu salah satu kuncinya adalah memberikan kesempatan bagi tubuh kita untuk bisa memperoleh waktu tidur yang cukup.

Efek Detok

Terkadang detok bisa membuat efek samping. Beberapa hal yang dirasakan oleh pelaku detok di antaranya seperti gampang merasa psuing, mual, cepat lelah, nyeri otot dan bahkan merasa kerhilangan energi.

Namun hal itu biasanya berlangsung sementara saja selama proses detoks ini dilakukan saat awal. Nantinya efek tersebut akan hilang dan tubuh pun akan lebih baik.

Yang jelas detoks ini proses yang aman selama dilakukan secara alamiah dan tidak berlebihan. Sebab pada dasarnya detoks adalah proses untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Dengan proses detox yang benar nantinya tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat.