Taichan merupakan sate populer saat ini. Sate ini sebetulnya sederhana cara membuatnya. Namun kepopulerannya justru karena kesederhaannya itu.

Sate taichan adalah sate ayam yang dibakar tanpa bumbu kacang dan kecap. Semua, sate ini terkenal di kawasan Senayan. Kini penjual sate jenis ini sudah menyebar di seluruh Indonesia.

Asal Taichan

Sesuai namanya yang memnag khas Jepang, disebutkan kalau sate ini berasal dari Jepang. Dari sebuah pedagang sate ini, disebutkan saat itu ada orang Jepang yang membuat sate dengan cukup diberikan garam dan jeruk nipis serta sambal.

Sate ini diperkenalkan sebagai taichan. Sejak itulah sate itu mulai dikenal dengan nama tersebut.

Cara Membuat

Untuk membuat sate taichan terhitung sangat mudah. Sebab sate ini tidak memerlukan bumbu yang banyak. Cukup jeruk nipis, garam, dan penyedap rasa, maka Anda pun sudah bisa membuat sate ini.

Untuk membuatnya, ayam yang sudah ditusuk ke dalam tusuk sate kemudian tinggal dilumuri dengan jeruk nipis, garam, dan penyedap rasa. Setelah itu tinggal dibakar selama 4 menit. Lalu satu pun siap disajikan bersama sambal dan jeruk nipis.

Ciri Khas

Sate taichan memiliki ciri khas berupa warna daging satu yang putih. Itulah yang membuatnya berbeda dengan kebanyakn sate yang umumnya cokelat.

Secara rasa juga agak berbeda sebab sate ini tidak menggunakan macam yang yang banyak. Namun jika dirasakan, rasanya juga cukup menggoda.

Harga

Sate taichan sebetulnya cukup murah. Harganya relatif tidak jauh berbeda dengan sate kebanyakan. Harganya berkisar sekitar Rp20.000 untuk 10 tusuk sate. Jika mau dimakan bersama lontong, maka tinggal menambahkan harga lontong saja.

Sate ini begitu populer di Jakarta. Dari kawasan Senayan, populeritas sate ini kemudian menyebar ke seantero Jakarta hingga akhirnya terkenal ke daerah lainnya seperti Bandung, Surabaya, Bali, dan kota lainnya.

Taichan ala Rachel

Karena populaitasnya yang tinggi, banyak juga orang yang berkreasi bereksperimen dengan kuliner ini. Salah satu resep yang banyak diburu adalah resep taichan ala Rachel Vennya. Banyak yang suka dengan resep selebgram tersebut karena sambalnya yang pedas.

Untuk membuat sate ini pun mudah. Tinggal siapkan ayam fillet, kemudian untuk bumbu ayam yang direndam bisa menggunakan bawang putih yang dicincang sambil diberi perasa jeruk, garam dan merica. Kemudian masukkan sate ayam tersebut ke dalam bumbu agar meresap. Tunggal sekitar 20 menit agar bumbu meresap sempurna.

Kemudian untuk sambalnya bisa menggunakan tomat, bawang dan cabe. Lalu setelah itu sate pun siap diolah. Dengan ditusuk hingga matang dan setelah itu siap disantap.

Ada juga resep taichan lainnya yang disukai ykni dengan menggunakan mozarella. Untuk proses pembuatannya kurang lebih sama. Ayam bisa kita lumuri dengan kaldu, garam, merica, serta air jeruk nipis. Setelah itu diamkan ayam fillet tersebut agar bumbunya meresap.

Berikutnya ayam ini bisa dipanggang. Jika sudah matang tinggal diberi parutan keju mozzarella di atasnya. Tunggalah sampai keju itu meleleh.

Biar lebih mantap kita bisa siapkan sambal yang terdiri dari bawang merah dan putih yang ditupis. lalu beri juga cabe dan tomat yang diblender. Rasanya pasti begitu menggoda.

Nah mudah kan untuk membuat sate taichan. Siapapun bisa membuatnya. Bisa ikuti panduan ini agar sate taichan yang enak bisa dinikmati.

Menikmati sate ini cocoknya memang bareng keluarga. Anda bisa mengajak pasangan serta anak-anak untuk menikmatinya. Jika misalnya ingin membuat sendiri juga bisa, tinggal beli bahan-bahan yang diperlukan di pasar terdekat. Jika sedang malas memasak, bisa juga cari resto yang menyedikan menu ini. Selamat mencoba.