Memiliki mesin cuci yang hemat listrik amat penting. Dengan mesin cuci yang irit, penggunaan listrik akan lebih terkendali. Dampaknya, tagihan listrik pun tetap hemat.

Tapi bagaimana cara untuk memilih mesin cuci yang hemat? Ini pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh Anda yang saat ingin membeli mesin cuci terbaik. Mari kita lihat langsung tipsnya.

1. Baca Review Mesin Cuci

Ini cara yang sangat membantu bagi Anda sebelum memutuskan melakukan pembelian. Apalagi jika Anda sudah memiliki merek dan tipe mesin cuci tertentu, Anda bisa langsung googling untuk mendapatkan informasi lengkap terkait produk tersebut.

Tentu dari review tersebut nantinya Anda bisa mengetahui apa kelebihan maupun kekurangan sebuah mesin cuci. Dari pengalaman konsumen terdahulu nantinya Anda dapat putuskan apakah mesin cuci tersebut tepat dibeli atau tidak.

2. Jenis Mesin Cuci

Sangat baik Anda tahu apa jenis mesin cuci yang diinginkan apakah jenis 1 tabung atau 2 tabung. Kedua tipe mesin cuci tersebut sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Kalau untuk mesin cuci 1 tabung, kelebihannya umumnya adalah daya listrik lebih hemat. Jadi bagi Anda yang ingin irit listrik, meisn cuci ini cocok dimiliki. Selain itu, lebih praktis saat digunakan karena cukup satu tabung saja. Artinya, Anda tidak perlu memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke tabung pengering. Semuanya sudah berlangsung secara otomatis.

Sedangkan jika Anda memilih jenis meisn cuci 2 tabung, Anda bisa membelinya dengan harga lebih hemat. Umumnya mesin cuci 2 tabung lebih murah dibandingkan dengan mesin cuci 1 tabung. Tapi kekurangan mesin cuci ini adalah lebih boros air. Jadi kalau misalnya di daerah Anda tergolong sulit air, akan lebih baik jika Anda memilih memakai mesin cuci 1 tabung.

3. Merek

Tak pelak merek juga ikut menjadi pertimbangan saat memilih mesin cuci yang ingin Anda beli. Mungkin Anda memiliki ikatan kuat dengan brand tertentu misalnya Electrolux, Sharp, LG, Polytron, Samsung, Hitachi, atau merek lainnya.

Apapun itu, pastikan Anda mengecek berapa watt daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin cuci itu agar dapat beroperasi. Setelah itu, barulah Anda putuskan untuk memilih mesin cuci yang tepat.

Secara umum, untuk kegiatan mencuci itu mesin membutuhkan datya 250 watt. Sedangkan untuk proses pengeringan membutuhkan hingga 300 watt. Namun tentu saja dengan teknologi terbaru, kini daya listrik yang dibutuhkan bisa lebih hemat.

Beberapa brand mesin cuci juga memiliki teknologi khusus yang membuat daya listrik menjadi lebih hemat. Satu lagi yang perlu diketahui adalah kapasitas mesin cuci juga berpengaruh terhadap besaran daya watt listrik yang diperlukan. Makin besar kapasitas mesin cuci jelas makin besar juga daya listrik yang diperlukan.

4. Inverter

Sebaiknya memilih mesin cuci yang dilengkapi dnegan teknologi inverter. Sebab mesin cuci jenis ini bisa lebih irit dalam mengkonsumsi daya listrik. Teknologi inverter ini membuatnya juga banyak disukai oleh pembeli mesin cuci saat ini. Karena efeknya berpengaruh langsung dalam menjaga tagihan listrik bulanan tetap hemat.

Mesin cui dengan inverter ini juga banyak dipakai oleh jasa laundry. Sebab biaya listrik merupakan salah satu biaya yang cukup besar dalam jasa laundry. Oleh akrena itu banyak pemilik laundry memilih untuk memilih mesin cuci jenis inverter.

Nah keempat tips ini yang penting diperhatikan dalam memilih mesin cuci hemat listrik. Coba perhatikan keempat hal ini sebelum Anda melakukan pembelian mesin cuci untuk dipakai di rumah, kantor, maupun untuk tempat usaha laundry.