Apa yang kita cecap saat ini merupakan rentetan dari perjuangan masa lalu. Seperti kemerdekaan Indonesia yang merupakan buah dari perjuangan para pahlawan. Kini tinggal kita mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya untuk membuat bangsa ini makin baik lagi. Seperti kalau kita lihat di generasi maju co id, ada beberapa tahapan yang terjadi sebelum seorang bayi lahir ke dunia ini.

Mulai dari trimester pertama, kedua, ketiga, ibunda telah melakukan banyak hal agar kita semua ini bisa lahir di dunia ini.

Setelah kita lahir, lalu buda pun dengan sabar dan telaten menyusui dan merawat diri kita. Mulai dari kita belum bisa jalan, belajar merangkak, hingga akhirnya bisa berlari, orang tua kita begitu berperan dalam perkembangan diri kita.

Begitupun setelah kita mulai masa pra-sekolah, sekolah hingga akhirnya menjadi remaja dan dewasa, orang tua terus menerus memberikan kasih sayangnya yang tanpa batas. Sejak dini, orang tua sudah memberikan bekal dan pelatihan karakter pada diri kita. Lalu memilihkan sekolah yang tepat. tak jarnag juga, wkatu kecil, ornag tua kita ikut mengantar dan menjemput kita setiap hari.

Semua itu demi satu hal: setiap orang tua ingin anak-anaknya bisa merasakan kasih sayang terbaik. Pendidikan, perhatian, dan semua hal dicurahkan pada diri kita.

Pendidikan Kunci Kemajuan Sebuah Bangsa

Khususnya mengenai pendidikan, sebagaian besar ornagtua di Indonesia sudah begitu menyadari pendidikan. Sebab dengan pendidikan yang berkualitas akan sangat mempengaruhi pembentukan karakter kita. Mulai dari saat kita masih TK, SD, SMP, SMA dan bahkan hingga kuliah, orangtua pasti ikut serta dalam prosesnya.

Bukan hanya itu, orangtua juga snagat berperan dalam memberikan pendidikan karakter anak dengan memberikan contoh yang baik bagi putra-putrinya.

Memang benar jika pilar bangsa yang kokoh itu ditentukan dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Jika keluarga sadar akan pentingnya pendidikan berkualitas, maka generasi maju Indonesia itu nantinya akan tercapai.

Keluarga merupakan awal dari kemajuan sebuah bangsa. Sebab dari keluarga kita pertama mendapatkan pentingnya penanaman nilai moral, pendidikan agama, penanaman jiwa nasionalime, motivasi untuk selalu mencoba menjadi yang lebih baik. Orang tua juga mendorong penuh anak untuk bisa mengembangkan bakat dan minat yang dimilikinya.

Orangtua merupakan role model kita sejak kecil. Karena itu orang tua akan sellau menjaga tingkah dan perilakunya agar selalu bisa menjadi panutan terbaik bagi anak-anaknya.

Tidak hanya itu, orangtua juga selalu memperhatikan tumbuh kembang anak dari hari ke hari. Mulai dari makanan, asupan gizi, hingga nutrisi yang dibutuhkan anak selalu berusaha diberikan yang terbaik oleh orangtua.

Sebab orangtua kita sadar dengan terpenuhinya nutrisi dan vitamin kita saat kecil akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan kita selanjutnya.

Saatnya Kita Melanjutkannya

Jika Anda saat ini sudah menikah atau sebentar lagi menikah, saatnya kita melanjutkan perjuangan bapak dan ibu kita ini untuk terus menghasilkan generasi maju dan unggul.

Kita bisa tiru cara mengasuh anak yang baik dari orang tua kita, sembari terus berusaha untuk mencari cara-cara baru yang sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Memang era sudah berubah. Dan kita sebagai orang tua dituntut juga untuk melakukan perubahan dalam melakukan pengasuhan anak. Kita perlu memperhatikan banyak aspek saat anak tumbuh dan berkembang. Sebab pada masa-masa golden moment itu, saat terbaik anak untuk bisa memaksimakan potensi terbaik yang bisa diraihnya kelak.

Untuk itu, pastikan anak-anak kita selalu terpenuhi kanduangan nutrisinya agar menajdi anak yang sehat dan kuat. bekali juga dnegan pendidikan karakter yang baik agar anak bukan saja kuat secara fisik, tapi juga secara mental.

Jika itu dilakukan oleh semua orang tua Indonesia, maka pasti generasi maju Indoensia yang kita idam-idamkan itu akan segera tercapai. Semuanya tergantung diri kita sendiri. Dan tak perlu tunggu nanti, mulai saja dari hari ini.